Bank Agro dan BPR BDC Dukung Linkage Program Untuk UMKM

17.12.2008

Sumber: antarafoto.com

 

Jakarta, 17 Desember 2008

Kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan wujud kehidupan ekonomi sebagian besar masyarakat Indonesia. Keberadaan UMKM tidak dapat dipisahkan dari pertumbuhan perekonomian secara nasional. Karenanya, UMKM perlu mendapat dukungan dari pemerintah melalui pemberdayaan dan pengembangan usaha.

Untuk mewujudkannya, pemerintah melakukan pengembangan usaha dengan penyaluran kredit melalui kerjasama antara Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Dalam dunia perbankan, kerjasama antar kedua bank ini biasa disebut "Linkage Program". Program ini telah berjalan sejak tahun 2004 dan pada bulan Juli lalu Gubernur Bank Indonesia menandatangani Surat Pemberitahuan Persetujuan Pemberian Kredit (SP3K) antara Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dalam rangka Linkage Program.

Sebagai salah satu Bank Umum, PT Bank Agroniaga Tbk (Bank Agro) bekerjasama dengan PT BPR Bina Dana Cakrawala (BPR BDC) turut mendukung program ini. Untuk mengukuhkan kerjasama ini, pada Rabu, 17 Desember 2008, Bank Agro dan BPR BDC melakukan penandatanganan kerjasama (MoU). Kerjasama dimaksud yaitu penerusan pembiayaan dari Bank Agro kepada BPR BDC yang akan disalurkan kepada nasabah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dana yang akan dikucurkan oleh Bank Agro kepada BPR BDC sekitar Rp 1 Miliar.

Linkage Program sangat menguntungkan UMKM, sebagaimana yang disampaikan oleh Zainal Arifin, Banking Relationship BPR BDC. "Dengan adanya kerjasama ini tentunya akan berdampak positif bagi perkembangan UMKM. BPR BDC dapat menjadi kepanjangan tangan dari Bank Umum bagi Kelompok Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) diantaranya untuk kemudahan akses ke lembaga perbankan, kemudahan dalam memenuhi persyaratan sebagai debitur, meningkatkan kapasitas dan perluasan usaha, serta kelangsungan usaha yang lebih terjamin,"ujarnya.

Walau terbilang masih belia, BPR BDC dinilai memiliki komitmen untuk membantu tercapainya ekonomi rakyat yang sehat dan terpercaya. BPR BDC memiliki pendekatan yang tepat terhadap calon debitur sehingga mereka merasa nyaman dan percaya. Hal ini yang mendorong Bank Agro untuk melakukan kerjasama dengan BPR BDC. "Kami melihat BPR BDC dengan customer base nasabah mikro yang besar dan kemampuan dalam manajemen resiko kredit BPR BDC yang memadai,"ujar Dradjat B. Prasetyo, Dirut Bank Agro.

Suku Bunga
Deposito 1 bulan6 % pa
Deposito 3 bulan6 % pa
Deposito 6 bulan6 % pa
Deposito 12 bulan6 % pa
Tabungan4 % pa

Testimonials